Social Icons

Pages

Kamis, 03 September 2015

sejarah Amik Taruna

AMIK Taruna Probolinggo

Sejarah

AMIK Taruna Probolinggo didirikan berawal dari hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan Loka Pelatihan dan Ketrampilan (Lolapil) bidang ketrampilan teknik dan komputer oleh induk perusahaan, PT Kertas Leces (Persero) yang kemudian penyelenggaraannya dialihkan ke Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga Kertas Leces (YPKK) mulai tahun 1992 sampai dengan tahun 1999.

Pada tahun 1999 Lolapil bidang ketrampilan teknik dihentikan, sedangkan untuk bidang ketrampilan komputer dikembangkan menjadi Pendidikan Tinggi Komputer, yang pada saat itu bernama Akademi Komputer Taruna (AKTA) dengan program studi Diploma I Komputerisasi Akuntansi yang didirikan pada tanggal 10 Nopember 1999 dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga Kertas Leces (YPKK). Disamping itu pada tahun tersebut juga dilakukan penelitian tentang minat studi siswa lulusan SLTA untuk melanjutkan ke Perguruan tinggi Negeri/Swasta dengan responden siswa SLTA kelas III se-Kota/Kabupaten Probolinggo, di mana hasilnya ternyata minat studi siswa lulusan SLTA untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri/Swasta adalah cukup besar, yaitu 75,46% dari seluruh responden 1773 responden. Peminat jurusan IPS 37,04% dan IPA 38,42%.

Hasil tersebut di atas diperkuat dengan adanya asumsi biaya pendidikan dan hidup akan lebih murah di Probolinggo jika dibandingkan dengan di kota-kota besar, seperti Surabaya, Malang, atau Jember. Faktor lain yang juga menjadi alasan pendirian AMIK Taruna Probolinggo adalah :
1. Banyak Industri/Perusahaan di kawasan Probolinggo yang membutuhkan tenaga lokal sebagai karyawannya dengan keahlian komputer, baik sebagai programmer maupun operator;
2. Belum ada akademi yang menyelenggarakan Program Studi Komputer dengan keahlian terapan;
3. Tingginya permintaan dari instansi pemerintah/swasta untuk mengadakan peningkatan kualitas diri karyawannya di bidang komputer.

Berdasarkan hasil penelitian dan masukan-masukan tersebut di atas maka diajukanlah pendirian AKTA dan pembukaan Program Studi Diploma III Komputerisasi Akuntansi dan Manajemen Informatika ke Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta pada tahun 2000 dan akhirnya mendapat ijin pendirian Perguruan Tinggi Swasta dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan nama diubah dari AKTA menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Taruna dengan status TERDAFTAR untuk program studi Manajemen Informatika dan program studi Komputerisasi Akuntansi untuk jenjang pendidikan Diploma III berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendiknas RI nomor : 127/D/O/2000 tanggal 8 Agustus 2000.

Program studi Diploma III Manajemen Informatika telah mendapat perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Dikti dengan SK No. 3573/D/T/2005 tanggal 17 Oktober 2005 , SK No. 4538/D/T/2008 tanggal 19 Desember 2008, dan SK Ketua Kopertis Wilayah VII No. 8332/D/T/K-VII/2011 tanggal 11 Agustus 2011.

Untuk program studi Diploma III Komputerisasi Akuntansi juga telah mendapat perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Dikti dengan SK Dirjen Dikti No. 531/D/T/2006 tanggal 3 Pebruari 2006, SK No. 4539/D/T/2008 tanggal 19 September 2008, dan SK Ketua Kopertis Wilayah VII No. 8781/D/T/K-VII/2011 tanggal 23 September 2011.

Pada tahun 2007 program studi Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi telah mendapat akreditasi masing-masing dengan kualifikasi C dan B dari BAN-PT berdasarkan Surat Keputusan BAN_PT No. 017/BAN-PT/Ak-VII/DPL-III/XII/2007 pada tanggal 29 Desember 2007 untuk periode 29 Desember 2007 sampai dengan 29 Desember 2012. Untuk Program Studi Manajemen Informatika dibuktikan dengan sertifikat Akreditasi dengan No. SPDI: 000647. Sedangkan untuk Program Studi Komputerisasi Akuntansi dibuktikan dengan sertifikat Akreditasi dengan No. SPDI: 000593.

Pada tahun 2009 Amik Taruna Probolinggo telah membuka program studi baru yaitu program studi Teknik Komputer dengan ijin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 497/D/T/2009 tanggal 6 April 2009 dan telah mendapat perpanjangan ijin berdasarkan SK Ketua Kopertis Wilayah VII No. 8659/D/T/K-VII/2011 tanggal 13 September 2011.

Pada tahun 2013 ketiga program studi di AMIK Taruna Probolinggo masing-masing telah mendapatkan akreditasi C berdasarkan surat edaran Dirjen Dikti no: 160/E/AK/2013.

Fasilitas

Untuk kelancaran perkulihan di AMIK Taruna Probolinggo telah didukung dengan berbagai fasilitas yang mamadai antara lain sebuah gedung rektorat, 10 ruang perkuliahan, 3 ruang laboratorium komputer, 1 ruang laboratorium teknik, perpustakaan, sebuah server dengan kapasitas yang cukup besar untuk sistem informasi manajemen dan sistem informasi akademik, dan juga telah dilengkapi internet dengan hotspot area yang memungkinkan mahasiswa dapat leluasa browsing materi perkuliahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tenaga Pendidik

Selain dibimbing oleh para dosen yang kompeten dibidangnya, di Amik Taruna Probolinggo juga dibimbing oleh para praktisi yang sangat sarat pengalaman dari berbagai instansi dan perusahaan yang sangat berkompeten di bidangnya misalnya akuntansi, keuangan dan pajak, Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Bisnis, serta perangkat keras dan jaringan komputer.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Diploma III Komputerisasi Akuntansi
Menyiapkan mahasiswa yang ahli di bidang teknologi informasi, berkualitas dan bermoral, menguasai pemrograman, desain sistem informasi akuntansi, dan aplikasi perkantoran modern.
Bidang pekerjaan untuk lulusan adalah database designer & administrator, accounting information, system analyst, profesional programmer, dll.

Diploma III Manajemen Informatika
Menyiapkan mahasiswa yang ahli di bidang teknologi informasi, berkualitas dan bermoral, menguasai dasar-dasar manajemen bisnis dan proses pengolahan data sehingga mampu menganalisa dan merancang bangun sistem informasi berbasis komputer, menguasai pemrograman, menguasai teknologi jaringan komputer baik intranet maupun internet.
Bidang pekerjaan untuk lulusan adalah database designer & administrator, manajemen information, system analyst, profesional programmer, Web developer, computer integrator system, dll.

Diploma III Teknik Komputer
Menyiapkan mahasiswa yang ahli di bidang perangkat keras dan jaringan komputer, ahli di bidang sistem kontrol berbasis komputer, ahli di bidang perancangan kontrol yang kreatif dan inovatif untuk industri berbasis microcontroler dan programable logic controllers (PLC).
Bidang pekerjaan untuk lulusan adalah LAN administrator, computer technician, computer control specialist, profesional programmer, computer integrator system, dll.

LULUSAN

Dengan menerapkan sistem pembelajaran yang mengedepankan keahlian dan ketrampilan Amik Taruna Probolinggo telah berhasil mencetak lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja terutama di wilayah Probolinggo dan sekitarnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya lulusan Amik Taruna Probolinggo yang mengisi hampir semua instansi di wilayah Probolinggo baik instasi pemerintah, swasta, perusahaan, maupun perbankan. Bahkan ada yang sudah menembus dunia kerja di luar wilayah Probolinggo, misalnya Pasuruan, Lumajang, Jember, Surabaya, Malang, Semarang, Bali, Kalimantan bahkan Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar