Social Icons

Pages

Senin, 11 November 2013

Probolinggo Kota 1000 taman undefined


undefined.undefine

Kota Probolinggo, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Kota Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan tengah. Kota ini juga terdapat pelabuhan perikanan yang cukup besar

Probolinggo terletak di pantai utara pulau Jawa, memiliki ketinggian ± 4 M. Kota Probolinggo memiliki sebutan kota Bayu Angga yang berarti Angin, Anggur dan Mangga.Probolinggo yang memiliki arti dalam bahasa Sansekerta Probo yang berarti Sinar, sedangkan Linggo yang berarti Tanda Peringatan atau Tugu. Probolinggo sering juga disebut kota seribu taman, karena banyaknya tanaman yang berjejer di Jalan – jalan pantura atau di manapun kita berada kita selalu melihat tanaman yang hijau dan indah. Memiliki 5 Kecamatan , yaitu Kecamatan Mayangan, Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Kademangan, Kecamatan Wonoasih, Kecamatan Kedupok dan terdiri 29 Kelurahan.

Probolinggo memiliki Visi ”Terciptanya kota Probolinggo sebagai kota tujuan investasi dan kondusif, prospektif dan partisipatif”. Misi ”Terwujudnya masyarakat berakhlak mulia., mandiri, berkeadilan, sejahtera, berwawasan lingkungan” yang sepenuhnya mengutamakan pembangunan yang berkesinambuangan, terarah dan tepat sasaran.
BESTARI sering kita dengar di telinga kita yang berarti Bersih Sehat Tertib Aman Rapi Indah. Probolinggo Sering memenangkan Lomba lingkungan Salah Satunya adalah Lomba Adipura. Sudah tiga kali kota ini memenangkannya tahun 1997, 2007, dan 2008. Kemenangan ini tidak luput dari kerja keras para warga yang antusias merawat keadaan sekitar.
Objek pariwisata yang ada di Probolinggo, yaitu Wisata Air Terjun Madakalipura, Gunung Bromo, Candi Jabung, Pantai Bentar, Pelabuahan Tanjung Tembaga, Wisata Arum Jeram Songa. Dan tempat – tempat yang sering dikunjungi oleh warga kota Probolinggo adalah Taman Kota atau yang disebut Alun – alun, pasar gotong royong, RTH, Departement Store yang mulai berkembang, kolam renang Bayu Angga, Stadiun Bayu Angga, Terminal Bayu Angga, Masjid Agung yang berada di sebelah barat alun – alun kota Probolinggo.

Jumat, 29 April 2011

Taman Manula Kota Probolinggo



Manusia Lanjut usia (manula) merupakan orang yang sudah lanjut usia dan sangat rentan dalam masyarakat. Mereka perlu perhatian serta perlakuan yang khusus, baik dalam bentuk psikis serta fisik. Dukungan psikis dapat diberikan oleh masyarakat pada umumnya dan keluarga pada khususnya. Sedangkan dorongan fisik diwujudkan dalam ketersediaan fasilitas pendukung aktivitas.
Pemerintah Kota Probolinggo telah membangun fasilitas taman yang dikhususkan untuk manula yang berada di Monumen Suyoso tepatnya di jalan Soekarno- Hatta, Kota Probolinggo. Maksud dibangunnya Taman Manula tersebut adalah sebagai upaya menyediakan media untuk memberikan rasa senang, bahagia dan kebugaran kepada para manula agar dapat mengisi waktu luang dengan menikmati rekreasi dan olah raga yang secara khusus disediakan juga bertujuan untuk mewujudkan kemandirian, kesejahteraan manula sehingga dapat memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif bagi manula.
Dengan fasilitas taman, gasebo, MCK, dan sangkar burung merpati (bahkan akan ditambah dengan free hot spot area) menjadikan taman ini sebagai salah satu tempat yang patut dikunjungi bila anda mampir di Kota Probolinggo

Masjid Tiban Probolinggo


Diceritakan bahwa pembuatan masjid ini terjadi dalam waktu sekejap, seperti halnya cerita dalam pembuatan Candi Prambanan. Dari cerita itulah kemudian masjid ini diberi nama Masjid Tiban. Pada Masjid Tiban ini memiliki beberapa keunikan seperti adanya sebuah batu yang terdapat di halaman belakang yang konon dipercaya pernah menjadi tempat pertapaan Syekh Maulana.
Keunikan lainnya adalah terdapat sumur tua yang airnya dipercaya mengandung khasiat untuk penyembuhan segala macam penyakit dan mencari jodoh dengan cara diminum atau di pakai untuk mandi.
Lokasi Masjid Tiban ini sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama kota, sehingga memudahkan bagi masyarakat lokal maupun luar daerah untuk singgah melaksanakan ibadah.

Pelabuhan Tanjung Tembaga 

          Mungkin bagi masyarakat lokal sudah mengetahuinya, tapi tetap akan saya bahas, yaitu Pelabuhan Tanjung Tembaga. Sebelum ada 2 Pelabuhan Tanjung Tembaga, pelabuhan tersebut hanya ada 1 yaitu Pelabuhan Tanjung Tembaga 1, dimana tempatnya mungkin kelihatan kotor karena aktivitas melaut yang lebih padat. Ada yang melaut dan juga ada yang menjual ikan, membuat bau ikan yang tidak sedap ada dimana-mana. 
          Tetapi akhirnya oleh Pemerintah dibuat 1 pelabuhan lagi yaitu Pelabuhan Tanjung Tembaga 2. Keadaannya lebih bersih, indah, nyaman. Di saat sore banyak orang yang duduk di pinggir laut dan juga ada yang berenang. Ini membuat tempat ini menjadi salah satu alternatif sebagai tempat wisata keluarga. Dan menurut saya antar pelabuhan yang baru dan yang lama itu memang cukup berbeda, dari kebersihan, dan keindahannya.


TWSL

 Mungkin kita lebih mendengar tempat ini dengan sebutan " Kebun Binatang Probolinggo ". Ya, benar, ini adalah sebutan yang paling terkenal dari TWSL / Taman Wisata Studi Lingkungan. Memang di TWSL terdapat kebun binatang mini. Tapi sebenarnya tempat ini merupakan sarana ekologis, edukatif, dan sosial kemasyarakatan. 
      Disana ada banyak hewan antara lain adalah Burung Merak, macam-macam monyet, macam-macam burung, dll. Jadi tempat ini sebenarnya adalah tempat pembudayaan lingkungan yang semakin punah ini. 
      Selain fungsi itu tempat ini juga berfungsi sebagai sarana pembelajaran.
       Dan fungsi yang ini adalah fungsi yang paling menyenangkan yaitu sebagai tempat wisata keluarga. Di tempat ini juga terdapat tempat bermain anak-anak. Ditambah lagi tempat ini pernah digunakan untuk reuni SMEA.

Hal yang Bersejarah dari Alun-alun

            Mungkin di Alun-alun kita melihat semuanya seperti modern. Tapi jangan salah, sebenarnya ada 2 hal yang bersejarah di alun-alun itu, yaitu Tugu Alun-alun dan Monumen Alun-alun. Dua bangunan ini masih terawat keindahannya.Kalau dilihat memang tidak ada apa-apanya di tugu itu tapi ada nilai di dalamnya. Bangunan ini dibangun saat awal kemerdekaan, dan hingga sekarang masih ada yang memaknai mengenai perjuangan Indonesia untuk merdeka.
             Dan 1 bangunan yang lainnya adalah Monumen Alun-Alun yang terdapat Pancasila di dindingnya. Sama dengan Tugu Alun-aluin, bangunan ini dibangun saat awal kemerdekaan. Tetapi bangunan tersebut masih terawat.

Alun-alun Kota Probolinggo

           Pusat tempat wisata keluarga jugaremaja-remaja yang pacaran saat malam minggu. Inilah tempat umum di Probolinggo yang pasti ramai setiap harinya, dari pedagang, orang yang ingin olahraga, orang yang ingin bersantai, dll. Disana terdapat banyak fasilitas antara lain, tempat bermain anak-anak, tempat duduk, tempat voli, dll. Pernah diadakan juga acara yang bersifat Cina ( Suku Tionghoa di Probolinggo ). Juga banyak acara besar yang diadakan di tempat ini seperti Upacara Memperingati Hari Pendidikan. Tempat ini juga digunakan sebagai sarana siswa untuk berolahraga. Di sepinggir alun-alun juga terdapat banyak pedagang makanan, jadi tidak perlu khawatir tentang makanan.


           Tapi pernah saya membaca di koran mengenai orang pacaran di tempat tersembunyi yang ada di alun-alun. Mengapa mereka melakukannya ? Padahal belum cukup umur. Hanya merusak pemandangan alun-alun yang baik. Padahal mereka bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar